People Don’t Have Enough Information to Make Decisions about Palliative Care

Artikel Berita

Hampir setengah orang dewasa di Irlandia setuju bahwa jika mereka perlu menerima perawatan paliatif, mereka tidak memiliki informasi yang cukup yang memungkinkan mereka untuk membuat keputusan tentang perawatan mereka. Temuan ini berasal dari survei terbaru tentang persepsi publik tentang perawatan paliatif yang dilakukan oleh All Ireland Institute of Hospice and Palliative Care (AIIHPC) untuk memperingati Pekan Perawatan Paliatif (11 – 17 September 2022) di Irlandia.

Tema untuk Pekan Perawatan Paliatif tahunan kesembilan ini adalah, Palliative Care: Living as Well as Possible’ yang dipilih sebagai hasil kolaborasi anggota AIIHPC dan sektor perawatan paliatif yang lebih luas. Ini mencerminkan apa itu perawatan paliatif dan dampak positif perawatan paliatif terhadap kehidupan orang-orang dengan penyakit yang membutuhkan perawatan paliatif dan kehidupan keluarga mereka; sehingga memungkinkan mereka untuk menjalani hidup sebaik mungkin.

Survei terhadap 1.000 orang di Irlandia yang dilakukan pada Juli 2022, juga menyoroti beberapa persepsi yang ada tentang perawatan paliatif:

  • 43% setuju bahwa jika mereka harus menjalani perawatan paliatif, mereka tidak merasa siap untuk melakukan percakapan tersebut atau membuat keputusan tersebut
  • 44% orang berpikir tentang kanker ketika mereka mendengar istilah perawatan paliatif
  • 75% orang dewasa setuju bahwa ketika mereka mendengar istilah perawatan paliatif, mereka berpikir bahwa itu adalah tentang mendukung kualitas hidup bagi mereka yang memiliki kondisi yang membatasi hidup.
  • 29% orang dewasa akan terlalu takut untuk membuat keputusan atau melakukan percakapan ini jika mereka perlu menerima perawatan paliatif.

Berbicara tentang Pekan Perawatan Paliatif, An Taoiseach Michael Martin, mengatakan: “Saya senang dapat mendukung kampanye Pekan Perawatan Paliatif. Perawatan paliatif sangat meningkatkan pengalaman mereka yang hidup dengan penyakit progresif atau membatasi hidup, dan seperti tema tahun ini, dapat membantu mereka untuk hidup sebaik mungkin.”

“Penting untuk ditekankan bahwa perawatan paliatif tidak hanya mendukung orang yang sakit tetapi juga mendukung anggota keluarga, pengasuh dan orang-orang yang dekat dengan orang tersebut. Dukungan ini sangat penting untuk kesejahteraan keluarga selama masa-masa sulit itu. Pada Pekan Perawatan Paliatif ini, saya ingin mengapresiasi pekerjaan semua orang yang bekerja di sektor perawatan paliatif, di seluruh Irlandia, dalam begitu banyak peran yang berbeda, yang terus-menerus bekerja untuk membuat kehidupan orang-orang dalam perawatan mereka menjadi lebih baik”.

Direktur AIIHPC, Karen Charnley, mengatakan: “Meskipun kami melihat kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa perawatan paliatif adalah tentang mendukung seseorang dengan kondisi yang membatasi hidup, kami dapat melihat betapa pentingnya ini. Kami terus berbagi informasi tentang manfaat perawatan paliatif sehingga orang menjadi lebih tahu tentang dukungan yang tersedia, sehingga mereka merasa nyaman untuk berbicara dan membuat keputusan tentang perawatan mereka. Pada Pekan Perawatan Paliatif ini, kami ingin mendorong Anda untuk berbicara dengan dokter umum atau profesional kesehatan dan sosial tentang perawatan paliatif atau kunjungi thepalliativehub.com untuk informasi dan saran lebih lanjut tentang perawatan paliatif”.

Dr Feargal Twomey, Konsultan Kedokteran Paliatif, Milford Care Center dan UL Hospitals Group dan Pemimpin Klinis HSE untuk Perawatan Paliatif mengatakan: “Perawatan paliatif membantu orang untuk hidup sebaik dan semaksimal mungkin serta selama mungkin, meskipun mereka hidup dengan penyakit serius yang membatasi hidup. Perawatan paliatif dapat meningkatkan kualitas hidup dan memungkinkan setiap orang untuk terus melakukan hal-hal yang penting bagi mereka dan menghabiskan waktu penting bersama keluarga.”

“Perawatan paliatif adalah untuk segala usia, pada semua tahap penyakit, di mana pun mereka tinggal, atau jika mereka berada di rumah sakit atau di rumah perawatan. Perawatan paliatif tidak hanya untuk orang yang hidup dengan kanker, tetapi untuk orang dengan penyakit saraf motorik, demensia, penyakit jantung dan paru-paru lanjutan, dan kondisi progresif lainnya juga.”

John Wall, yang menerima perawatan paliatif untuk kankernya, telah berbicara tentang dampak positif perawatan paliatif terhadap kualitas hidupnya: “Kualitas hidup adalah satu-satunya komponen terpenting bagi saya, untuk hidup sukses dengan diagnosis kanker stadium lanjut. Saya sangat beruntung dengan intervensi perawatan paliatif, kualitas hidup saya menjadi sebaik sebelumnya. Kemampuan mereka untuk berhasil mengatasi rasa sakit saya telah memberi saya kembali sebagian dari hidup saya yang saya pikir hilang selamanya,” ujarnya.

Penerjemah: Salwa Kamilia Cahyaning Hidayat, S.Gz
Penulis: Rose Mary Roche
Sumber: https://www.kilkennypeople.ie/news/home/910421/people-don-t-have-enough-information-to-make-decisions-about-palliative-care.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.